Temper Tantrum dan Tips Mengatasinya

Istilah temper tamtrum saya baca di Koran Tempo terbitan hari Minggu edisi 1 April 2007. Istilah tersebut ditujukan untuk anak-anak yang suka marah-marah tidak jelas, atau tiba-tiba saja ngamuk pada saat sedang asyik bermain atau jalan-jalan. Temper tantrum ini katanya biasa terjadi pada anak menjelang umur tiga tahun. Pas sudah dengan umur anak saya yang juga saat ini punya kebiasaan seperti di atas, tiba-tiba saja ngambek tanpa sebab, kita tanya maunya apa enggak tahu, di suruh main saja enggak mau, pegang mainan di banting atau di lempar. Pusing juga jadinya.

Kata penulisnya ”anak usia segitu sedang belajar emosi” mungkin juga begitu. Dalam tulisan di koran tersebut bahwa anak mengalami temper tantrum ketika merasa frustasi. Frustasi karena banyak yang ingin dilakukan tetapi tidak bisa, berkomunikasi tidak nyambung, jadi biasanya diekspresikan dengan berteriak, menangis dan merajuk.

Kalo anak sudah kumat seperti ini, katanya kita tidak usah panik dan tetap bersifat suportif terhadap anak, tak perlu marah atau bahkan memukul (emang gampang sich kalo ngomong mah, kalo ngalamin kadang kesalnya minta ampun, terpaksa kita deh yang berteriak dalam hati). Katanya lagi, anak belajar ngamuk dari orang-orang terdekat, nah loh.

Pengalaman pribadi pun pernah seperti di atas, membiarkan permintaanya tidak dikabulkan, walaupun sudah menangis keras-keras. Hasilnya adalah dia minta susu dan tertidur. Tetapi percaya dech kadang kita tidak tega kalo dia menangis keras sampai suara hilang, apalagi kalo masih ada uang di saku, keseringan kita yang kalah.

Berikut adalah tips mengatasi temper tantrum anak (sumber Koran Tempo, 1 April 2007)

  1. tetap tenang. Beri anak waktu menguasi diri nya sendiri
  2. jangan hiarukan anak hingga dia bisa lebih tenang
  3. lakukan apapun yang sedang anda lakukan selama masa tantrum berlangsung
  4. jangan memukul atau melakukan hukuman fisik apapun
  5. jangan menyerah pada tantrum anak, begitu menyerah mereka akan belajar mempergunakan perilaku tak pada tempatnya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan
  6. jangan menyuap anak dengan hadiah untuk menghentikan tantrum. Anak-anak akan belajar bertindak tak semestinya untuk mendapatkanya
  7. singkirkan barang-barang yang berpotensi bahaya dari jangkuan anak-anak

36 Responses so far »

  1. 1

    clukindahose said,

    copy paste dulu ah.. kebetulan tanggal 1 kemaren lupa beli tempo.. =D

    @ he..he..he…he..

  2. 2

    abahapis said,

    Oh, itu namanya Temper Tamtrum toh, tak pikir emang anaknya ajah yang mulai menunjukan kenakalanya. Emang sih, kita orang tua biasanya kagak mau ribut, jadinya kita yang ngalah deh.
    Ijin nge-print yah?

    @ begitu katanya, silahkan bebas kok.

  3. 3

    helgeduelbek said,

    makasih atas informasinya sebab saya gak pernah membaca tempo, gak sanggup beli hehehe, disini gratis

    @ bisa aja Pak Guru ini….he..he..

  4. 4

    mita said,

    Salam Kenal. Saya Mita. Senang rasanya membaca pengalaman Anda menghadapi anak tantrum. Jika berkenan boleh saya mengetahui lebih dalam lewat email: ini_mita@yahoo.com. Trima kasih banyak.

    @ sama Mbak, terima kasih banyak. salam kenal juga.

  5. 5

    inge said,

    Salam kenal ,saya inge sama dengan pengalaman saya kalau anak saya marah saya biarkan dia dengan tangisnya sendiri setelah dia tenang baru saya dekati dan peluk dia sambil saya katakan saya sayang dia, dan lalu saya beritahu dia mengapa saya tidak menuruti kemauaannya.

  6. 6

    eni8775 said,

    makasih ya…infonya,cukup repot jg nich menghadapi anak yg suka tantrum…terutama anak yang no 2,sebab saya punya anaaak 3 dan masih cukup kecil kecil,,,,tipnya aku praktikin ya…

  7. 7

    indrie said,

    info ini amat sangat membuka mata saya. kelihatannya anak saya umur di 2 tahun 8 bulan ini menunjukkan gejala – gejala temper tantrum kayaknya. kalau dia lagi ngambek bisa ngamuk sejadi – jadinya. sering kali jadinya malah saya pukul atau cubit untuk mendiamkan dia saking keselnya. duuuhh…setelah baca artikel tentang temper tantrum ini, saya jadi nyesel banget deh! maafin mami ya ulung sayangku…
    mulai saat ini, saya banting setir cara menghadapi dia. saya coba ikutin tips cara menghadapi ngambeknya dia. karena kalau benar dia sedang berada di masa temper tantrum ini, yaaa percuma aja kalau kita kerasin ya hehehe..

  8. 8

    Ira said,

    Saya tau istilah ini awalnya dari kakak, kebetulan saya cerita kalau saat ini anak saya suka marah, kesel dan nangis tanpa sebab. Dia sudah 2 x memecahkan gelas yg ada di dekatnya, dan selalu menghambur segala sesuatu yg ada di atas meja/tempat tidur di dekatnya pd saat emosinya memuncak. Kl sudah begini, kita jd lepas emosi jg sampai harus memarahi anak yg saat ini menginjak usia 2 th 2 bln. Dan sudah 2 bulan ini Tristan sangat sulit diajak mandi, klpun kita berhasil itupun dengan tangis dan pukulan/gigitan. Apakah itu jg bagian dari gejala tantrum? Kira-kira smp brp lama hal ini akan berlangsung? Memang smp dgn saat ini Tristan blm bisa berbicara dengan jelas :(
    Mohon pencerahannya, terima kasih.

  9. 9

    Bening said,

    saya pernh menghadapi anak tantrum…Terimaksih informasinya….memang benar, jika anak tantrum memang kita harus cuek…jika tidak maka anak akan semakin meneruskan aksinya…

  10. 10

    emy said,

    Makasih tipsny.menambah wawasan saya tntang tantrum.tp…praktek itu lbh sulit dr teoriny y:) atau mungkn saya kurang sabar y:) ktika anak saya tantrum,awalny sabar.tapi…kelamaan kbwa emosi jg…

  11. 11

    yeni said,

    salam kenal..tips nya bagus bgt tapi prakteknya memang susah banget. anak saya hiperaktif dan suka tantrum kalo keinginan nya ga dipenuhi atau gak mau belajar. sy cuekin aja. dan ternyata memang benar.akhirnya diem sendiri tapi muncul yg baru,suka membuang brg2 apa pun yg ada didekatnya. gmn ya cara mengatasinya.sy selalu pukul tangannya apabila dia mulai membuang brg2,maksudnya supaya dia tau bhw apa yg dilakukan itu salah.tapi kok gak mempan ya..anak sy umur 4tahun 10bln tapi terlambat bicara.terima kasih…

  12. 12

    wanatirta said,

    Dear Bu Yeni, pengalaman kami adalah daripada memukul mungkin ini mungkin loh…jadi belum tentu kebenaran-nya adalah menguncinya dalam kamar untuk beberapa saat. setelah tenang baru diajakn bicara kembali, dan biasanya kami pergi jalan-jalan setelah itu.

    salam

    • 13

      yeni said,

      cara itu sih belum pernah sy coba..dl anak sy suka membenturkan kepalanya di lantai atau di tembok tp untunglah skrg tdk lagi.cuma kalo lg ngamuk biasanya dia suka berbaring di lantai,kaki digoyang2kan,terkadang memukul wajahnya sendiri,melempar apa pun yg ada didekatny, entah itu meja atau kursi yg cukup besar. sy cuma kawatir kalo dikunci dlm kamar,dia akan menyakiti dirinya sendiri.jd gmn yach…thx ya…

  13. 14

    Nana said,

    Bener bgt,konsisten menghadapi tantrum anak btl2 melelahkan.Anak saya zaidan(3 tahun) tantrum nya masyaallah..Kadang kalau hati saya tenang,saya ingat bhw kmarahan saya berefek buruk buat psikologinya.Tp kalo sdng keruh,saya ingin penyelesaian instant.Akhirnya “tantrum”saya ikut keluar juga..Ternyata jadi ibu membuat saya belajar kembali menjadi manusia baru yg smg lbh baik..

  14. 15

    mario said,

    wa….pantesan anakku begitu…..apa itu terjadi sama semua anak yah???
    harus mencari lebih jauh nih….

  15. 16

    SeptemberGirl said,

    Wahhh, begitu ya, tantrum.

    Saya seorang guru, suatu hari saya mendapat seorang murid istimewa, dia suka marah2 dan bicara tanpa henti juga tidak bisa diam sehingga menghambat aktivitas belajar [oh ya, saya memegang kelas gambar]. Kalau tidak dituruti atau disuruh diam dia akan marah2 dan menganggu yang lain bahkan sampai memukul. Setelah beberapa saat ikut kelas gambar, yang selalu saya beri dia kertas lebih besar daripada yang lain, apapun yang dia gambar saya bebaskan dan membiarkan dia menjelaskan apa artinya, lalu saya arahkan,”Coba kamu tambah garisnya, ….atau ..coba pake warna itu … ” metode ini cukup berhasil, mungkin bisa dipakai? Anak ini menjadi lebih tenang dan berbicara lebih sedikit, … juga lebih mampu menguasai perasaannya sampai suatu hari, ayahnya meninggal. Sangat disayangkan juga, ibu anak ini menyuruh saya memukul anak itu si kelas, …. anak itu pun berhenti mengambil kelas saya.

  16. 17

    angela said,

    ANAK SAYA USIA 19 BULAN, BELUM BISA NGOMONG, DAN DIAJAK NGOMONG BELUM NGERTI. KALAU MINTA SUSU ATAU MAU TIDUR SUKA TERIAK-TERIAK,.

    • 18

      fardana said,

      iya kebanyakan anak yang belum bisa bicara memang biasanya menunjukkan keinginnannya dgn teriak2 atau menangis, kalau dulu anak saya waktu belum bisa bicara ketika saya tanya mau maem?kalau dia diam atau mangguk langsung saya lanjutkan “ooo, iya bilang gini bunda mau makan” gitu ya…dan anak jadi diam sekalian dia belajar cara komunikasi yang baik juga memperbanyak kosa kata, dan itu saya lakukan setiap saat setiap kali dia setelah minta sesuatu selalu saya jelaskan apa yang dia mau

  17. 19

    angela said,

    ANAK SAYA USIA 19 BULAN, BELUM BISA NGOMONG, DAN DIAJAK NGOMONG BELUM NGERTI. KALAU MINTA SUSU ATAU MAU TIDUR SUKA TERIAK-TERIAK,.KADANG MARAH-MARAH TANPA SEBAB YANG JELAS. CENDERUNG TERLALU AKTIF, KALAU MAIN GAK PERNAH BISA DIAM, SELALU JALAN ATAU LARI-LARI. TIDAK PERNAH NAMANYA DUDUK DIAM. KALAU MAIN SEPEDA DIA LEBIH SUKA MENDORONG ATAU MAININ RODANYA. MAKANNYA SULIT SEKALI. MINUM SUSU TERUS, JADI SETIAP MALAM 2 JAM SEKALI SAYA HARUS BANGUN UNTUK BIKININ SUSU, KALAU BIKIN SUSUNYA TELAT SEDIKIT AJA, DI TERIAK DI TENGAH MALAM, SAMPAI NGAGETIN. WADUH… SAYA RASANYA SAMPAI TRAUMA MAU PUNYA ANAK LAGI, TAKUT REPOTNYA KAYAK GINI.NORMAL GAK YA? SOALNYA DIA BELUM BISA MANGGIL MAMA PAPA, BARU BISA NGOMONG TAK UNTUK CICAK DAN HAUHAN UNTUK BILANG HALO. SUKA NGOCEH SIH CENDERUNG CEREWET TAPI GAK JELAS YANG DIOMONGIN APA.

    • 20

      wanatirta said,

      Biarin aja mbak, ntar juga cape sendiri he.he.he..anak saya pernah juga ngalamin begitu. Kalau minta susu teriak-teriak dan inginnya cepet aja. terus kita bilangin kalo teriak2 malah nggak dibikinkan. lah semakin menjadi teriaknya. kita biarin aja. cuek bebek lah. besok-besok mulai menurun teriakanya. sekarang tidak lagi

  18. 21

    prada said,

    ijin copy paste ya.kebetulan anak saya (4tahun) (mungkin) baru masa ini.sebelum punya adik kecil, kita dapat konsen ke kakaknya, sekarang ko tambah menjadi setiap kali punya kepinginan, saat itu juga harus & segera dapat.
    trima kasih atas ijin copynya…

  19. 22

    Frado's Mom said,

    dear mod,

    iy saya jg sedih akhr2 ini anak saya yg sdh berusia 2th2bln sering kami marahi ya krn itu suka marah2 ga jelas. lempar2 barang sambil marah dan teriak2, suka keluar2in barang2 dari kulkas, jg rak piring lalu dimainkan dan dilempar2,,,,sepeda & mobil2annya jg suka dilempar2,,gak sabaran,,,apa yg diinginkan kudu diturutin, ampe kt sering kurung dia dikamar ato ditempat dimn dia lg melakukan aksi isengnya , cth di dapur diruang makan,,,kulkas pst dibuka dan ambil segala isinya.
    Da gitu kalo dilarang sulit banget, gak bs diomongin, sulit di arahkan pd hal dia sdh sekolah sejak maret 2010 yang lalu,,,mendingan sih stlh skolah tp gitu deh msh tetep suka marah2, uncontrol emotionalnya…gmn ya adepinnya…apa mgkn krn cm ditinggal ber2 dng pembantu doank ya dirmh? krn aku dan suami kerja 1harian,,da gt kami jg terkadang klo da kcapean banget suka biarin dia maen sndiri,,,duh pusing dehh gmn ya ,,,tengah malem jg msh sering bangun minta susu,,,blm bs tidur pules ampe pagi,,,2-3x kudu minum susu @ 1 botol,,,,thankss,,,

    • 23

      fardana said,

      baru2 ini saya mengalami kejadian yang juga mengangetkan anak saya jadi suka menangis dan kalo minta apa2 jadi sering menangis dan marah2, yah saya tau masalahnya dia baru saya sapih dari asi krn sudah dua tahun dan ada adiknya yang masih umur satu tahun awalnya dia sudah menyadari dan tahu kalau dia harus berhenti asi di usia dua tahun susunya buat adik dia bilang gitu, tapi wajarkan kalau lagi mengantuk dia nangis saya sempat ga tega saya susui lagi dari situ dia jadi sulit sekali dikendalikan suka menangis dan rewel, trs minta perhatiannya berlebihan, krn saya sadar ini kesalahan saya ya saya sabar, kemudian dia di ajak berdua saja pergi dengan
      papanya sedang saya dan adiknya di rumah, dia ke rumah neneknya seharian dengan papanya pulang2 dia sudah ada perubahan mungkin dia memang butuh perhatian lebih untuk sekali waktu, bisa jadi anak juga merasa bosan dengan rutinitas di rumah ingin bersama juga dengan mama papa setelah seharan dan berhari2 dgn pembantunya mbak…

  20. 24

    Rizky said,

    Belakangan ak srng mrh2 krn ankku suka banting gelas,tp semarah2ny kt dy g tau klo dimrhin cz ankku br umur 17bln mulae skrng ak akn praktekin tips2ny mksh ya

  21. 25

    anasah qodarudin said,

    mohon ijin tuk cetak tulisan ini, inspiratif! kebetulan saya punya murid yang tak beda jauh dengan yang ditulis, makasih…!!!

  22. 26

    mama babanaca said,

    kayaknya ankq juga temper tantrum dech ciri2nya persis sekali,sedih klo lihat dia marah2 Membentur-benturkan kepala,mintanya ng jelas (emang blom bisa ngomong sih padahal udah 2.5thn ngomongnya cuma ayah.kakak,mimik .susu.bebek mooo…,itu2 aja) kadang udah berusaha sabar tapi klo kita lg capek ya kepancing juga amarahnya,artikel ini sangat membantu trima kasih banyak :)

    bunda ..bunda… mari kita lebih sabar lagi menghadapi anak ” temper tentrum ” walau itu tidak mudah,

    tetap semangat ya bunda2 :) ,ank2 membuthkan rangkulan kita

    chayooo.. ^_^

  23. 27

    tari said,

    Alhamdullilah ilmunya sangat bermanfaat,syukron ya

  24. 28

    lia anggraini said,

    salam kenal, saya lia.
    ternyata anakku sempet tantrum meskipun skr dah berkurang, saat tantrum bener2 g habis fikir apa maunya anak smua jd serba salah. makasih artikelnya krn sangat berguna bagi kami orang tua.

  25. 29

    dian said,

    Trims tipsnya. Anak saya september taun dan tantrumnya amat sangat buat saya pengen marah. Kalo dibiarkan bukannya tambah hilang tantrumnya malahan makin menjadi. Dan saya berpikir, biar aza dah, masa nya dia kali. Tapi sya tetap mengawasi nya jika marahnya meledakledak.

  26. 30

    risty said,

    good info,

  27. 31

    Anak batita yang sedang temper tantrum jangan sekali-kali kita marahi atau kita hukum. Kalau kita menyetrap anak batita yang sedang temper tantrum, sudah pasti mereka benci pada kita.

  28. 32

    You could definitely see your expertise in the article you write.
    The world hopes for more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe.

    Always go after your heart.

  29. 33

    Nasya said,

    Salam kenal,
    makasih ya infonya sgt berguna bgt,kebetulan saya br mengalami anak yg temper tantrum,anak saya umur 16 bln akhir2 ini sering bgt ngamuk2 dan suka mukul temennya. Sampe psg bgt saya ngadepinnya. Bsk akan saya coba tipsnya.

  30. 34

    lela mufidah said,

    salam kenal bunda..
    kebetulan anak saya juga sedang mengalami masa temper tantrum ini.rasanya berat sekali…
    sekarang saqy (anak saya) usianya 2thn 1 bulan. kalo ada sesuatu yang nggak sreg sama hatinya dia bakal marah-marah, ndak pake banting2 barang sih..tapi nangis keras2 sambil pukul pukul kepalanya sendiri pake tangan atau bahkan dengan sengaja dijedotkan ke lantai atau tembok. kalo sdh begitu rasanya hati saya ndak karuan, ditolongin malah keras nangis n mukulnya, dimarahi atau dipegangi juga tambah menjadi jadi. kao saya biarkan saya khawatir soalnya yg dipukul kepalanya, takut ada efek bagi perkembangan si kecil. belakangan sdh saya coba saya acuhkan sikecil saat sedang kambuh tempernya dan memang sih redanya emosi si kecil lbh cepat (mungkin dia merasa kalo dicuekin) tapi saya tetap khawatir kalo kepalanya sering dipukul2 ada akibat yang lain.
    ada yg mau bagi saran??
    trims.

  31. 35

    black tea said,

    I’m very happy to discover this site. I need to to thank you for your time for this fantastic read!! I definitely really liked every bit of it and i also have you bookmarked to look at new things on your web site.

  32. 36

    umi haikal said,

    Terimakasih atas infonya


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

